SATE LILIT


Sate lilit Bali adalah salah satu kuliner khas Bali yang jadi andalan masyarakat setempat.Awalnya, sate lilit adalah hidangan khas daerah Klungkung. Seiring berjalannya waktu, sate lilit mulai tersebar ke segala penjuru Bali seperti Denpasar, Badung, dan Gianyar.
Dalam bahasa Bali dan Indonesia “lilit” berarti membungkus dan sangat sesai dengan sate lilit ini.Filosofi Sate Lilit ini merupakan simbol dari kehidupan dan syarat kejantanan seorang pria. Sate lilit dibuat oleh kaum pria dari memotong hewan sampai memanggangnya. Ada beberapa upacara besar yang mengharuskan membuat sate lilit di balai desa yang dilakukan oleh 50 sampai 100 kaum pria.


Sate lilit tidak hanya dinikmati saja, umat Hindu juga mempersembahkannya dalam acara-acara keagamaan seperti upacara caru, upacara ini bertujuan untuk menghormati dewa dan jumlah sate yang harus disajikan harus ganjil. Sate lilit bisanya dihidangkan dengan sup ikan tuna, nasi dan sambal matah. Sate Lilit juga menjadi makanan favorit untuk wisatawan yang datang ke Bali.