SATE KERE


Sate Kere adalah sebutan untuk salah satu makanan khas Solo yang terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu.Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi.Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang sama seperti sate pada umumnya.

Nama sate kere tergolong unik untuk sebuah makanan. Dulunya, sate adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat golongan atas. Sate kere ini sebenarnya hasil kreativitas dari masyarakat golongan bawah pada zaman dahulu yang juga ingin menikmati sate. Makanan ini merupakan perwujudan perlawanan dari kalangan bawah kepada kalangan bangsawan dalam masyarakat bawah.

Sate kere tidak terbuat dari daging seperti sate pada umumnya. Sate ini terbuat dari tempe gambus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu. Rasanya gurih, kaya protein, serat, dan juga karbohidrat walaupun tidak setinggi kandungan tempe biasa. Selain tempe gembus, sate kere juga dibuat dari jeroan sapi yang ditusuk seperti daging. Nantinya setelah dibakar, sate ini akan dibubuhi bumbu kacang seperti sate madura yang kita kenal biasanya.