SATE MADURA


Sate Ayam Madura adalah makanan jenis sate yang terbuat dari bahan dasar daging ayam dan diolah dengan racikan bumbu yang khas dari Madura, Jawa Timur. Sate Ayam Madura merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat penjual makanan ini. 
Asal Sate Madura adalah para warok di kota Ponorogo menggunakan tusuk lidi  ataupun dari potongan bambu untuk pengganti sendok atau grapu sebagai media untuk makan sate, tetapi ada yang masih mempertahankan dengan menggunakan sebuah lidi sebagai tusuk sate, karena pada kala itu masyarakat belum mengenal sendok sejenisnya.
Tradisi memakan daging ayam yang di tusuk dengan pilhan bambu baru diketahui pada abad 15 oleh Batara Katong selaku bupati Ponorogo yang pertama, hingga saat ini potongan daging sate Ponorogo dipotong memanjangkan dan dibuat dengan cara primitif di bandingakan sate lainnya,.

Pengolahan Sate Ayam Madura ini hampir sama dengan sate pada umumnya, pertama daging ayam dipotong kecil sesuai dengan ukuran dan ditusuk dengan tusuk sate. Sedangkan untuk bumbu kacang pada Sate Ayam Madura ini terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk hingga halus dan diolah dengan bumbu khusus.

Pada proses pembakarannya, daging yang sudah ditusuk tadi dicelupkan kedalam bumbu kemudian dipanggang arang batok kelapa. Pada saat pemanggangan sering kali sate tersebut diolesi dengan minyak ayam untuk memperkuat aroma. Selain itu ada juga yang menaburi arang dengan perasan jeruk limau agar sate tidak terlalu bau asap.

Dalam penyajiannya Sate Ayam Madura ini biasanya disajikan bersama dengan bumbu kacang, kecap, potongan lontong, irisan jeruk nipis dan acar. Selain itu bagi yang suka rasa pedas biasanya penjual juga menyediakan sambal khusus untuk menikmati Sate Ayam Madura ini.