GUDEG

Belum ke Yogyakarta kalau belum pernah makan gudeg! Setujukah Anda dengan anggapan tersebut? Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang paling banyak diminati. Tak heran saat berkunjung ke Jogja, Anda akan dengan mudah menemukan penjaja gudeg yang mulai buka dari pagi sampai dini hari. Jogja bahkan mendapat julukan sebagai “Kota Gudeg” — ini menunjukkan jika gudeg memang sangat melekat dan menjadi kesatuan yang tak terpisahkan dengan Kota Yogyakarta.

Gudeg secara luas dikenal dalam dua jenis, yaitu basah dan kering. Disebut gudeg basah karena proses pengolahannya berhenti sampai perebusan dan masih berair. Sedangkan gudeg kering masih harus masuk ke proses pemasakan selanjutnya berupa penumisan, agar kadar air berkurang dan menjadi kering. Baik gudeg basah maupun kering, isiannya tidak berbeda yaitu tahu/tempe, telur, daging ayam, dan sambal goreng krecek. Bahan baku pembuat gudeg sendiri juga tak melulu dari nangka muda (gori), tapi bisa juga menggunakan manggar (bunga kelapa) dan rebung.
Gudeg terkenal yang ada di Jogja adalah warung  Gudeg Yu Djum.Yang beralamat di Jalan Wijilan No. 31 Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131, Indonesia. Buka 06.00-22.00.Dengan harga Sekitar Rp30.000,00 per porsi