NASI TUMPENG

Asal mula adanya tumpeng juga dapat kita lihat dari bahasa yang digunakan untuk menamainya. Menurut Islam Kejawen, ajaran Islam yang masih berpegang teguh pada ajaran Kejawen juga, Tumpeng berasal dari bahasa Jawa. Tumpeng adalah akronim dari bahasa Jawa yaitu metu kudu sing mempeng, yang artinya jika akan keluar harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dari akronim tersebut dapat kita lihat bahwa tumpeng adalah representasi yang menggambarkan tekad seseorang ketika akan melakukan sesuatu agar tidak ragu-ragu. Kepercayaan diri dalam mengambil keputusan adalah sesuatu yang sangat penting, oleh karena itu harus dipikirkan dengan sebaik mungkin.

Nasi tumpeng memang bukan sekedar makanan khas Indonesia yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Nasi tumpeng memiliki cerita dan asal usul tersendiri yang sangat spesial sehingga membuat masyarakat hanya menggunakannya ketika akan mengadakan acara spesial juga. Karena filosofinya yang sangat kuat, nasi tumpeng biasanya tidak dapat dikonsumsi seperti makanan lainnya. Nasi berbentuk seperti Gunung ini memang sangat spesial sehingga hanya dibuat ketika akan mengadakan berbagai macam acara khusus.
Acara Syukuran, atau di beberapa tempat lebih dikenal dengan Tumpengan adalah salah satu acara yang sering menggunakan tumpeng sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan. Jawa, Bali dan Madura merupakan tiga daerah yang paling sering menggunakan nasi tumpeng saat mengadakan berbagai acara khusus. Diawali dari Jawa yang memang memiliki banyak Gunung dan penyebaran agama yang signifikan, membuat nasi tumpeng sangat dikenal di tanah Jawa. Sedangkan Bali dan Madura yang banyak mendapat ajaran Hindu juga menggunakan nasi tumpeng untuk tujuan yang sama.
Hingga saat ini, nasi tumpeng juga masih digunakan sebagai bagian penting dalam berbagai acara-acara penting seperti acara perayaan adat, acara syukuran pernikahan, sunatan, kelahiran anak, dan lainnya. mengadakan berbagai cara penting, saat ini tak perlu repot lagi untuk membuat nasi tumpeng beserta lauk-pauknya, contohnya di nasi tumpeng Jakarta. Hal tersebut dikarenakan sudah ada banyak tempat pemesanan nasi tumpeng yang nantinya akan disesuaikan dengan jenis acara dan kemauan konsumen.
Nasi tumpeng berbagai ukuran dan lauk-pauknya akan dibuatkan dengan sebaik mungkin. Terlebih, saat ini juga ada nasi tumpeng mini satu porsi yang bisa diberikan kepada tamu undangan dari acara yang telah diadakan. Dengan adanya nasi tumpeng ini, masyarakat Indonesia percaya bahwa keberkahan, perlindungan dan kasih sayang Tuhan akan selalu dilimpahkan kepada kita.