SOTO KUDUS


Dari namanya, kita sudah tahu bahwa soto kudus pastinya berasal dari Kota Kudus. Soto kudus disajikan dengan mangkuk kecil berisi kuah bening dengan air asam jawa yang ditambah dengan nasi, suwiran ayam, dan tauge. 
Ternyata soto sendiri diambil dari kata ‘caudo’ yang merupakan masakan khas Tiongkok. Caudo pertama kali dikenal di Kota Semarang. Lama-lama, nama caudo berubah menjadi soto. Soto sendiri memiliki bahan mie dan bihun yang  aslinya juga berasal dari Tiongkok. Untuk menyesuaikan soto dengan bumbu yang cocok untuk orang Indonesia, lahirlah soto semarang, soto madura, soto kudus, dan lain-lain.
Kalau kamu menikmati soto kudus di Kudus, kamu akan disajikan soto kudus dengan daging kerbau. Semakin lezat dengan tambahan nasi, mie putih atau soun, tauge, irisan kol, butiran kacang kedelai, taburan daun seledri, dan bawang goreng. Bahan pelengkap itu, disiram kuah dari kaldu daging kerbau yang panas, yang telah diberi bumbu rempah-rempah, seperti cengkih, kayu manis, kemiri, dan perasan jeruk limau.